Berita, Kabar

Budayakan Gemar Baca, Apa Itu ROTS a la FLP Cabang Palembang?

1 menit baca |

PALEMBANG, FLP.or.id – Apakah butuh satu gedung megah, ribuan koleksi buku, ratusan penjaga, buat memasyarakatkan budaya literasi? Bagaimana mengembangkan budaya gemar baca, di tengah segala rupa keterbatasan? Bagaimana cara Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Palembang melakukannya? Inilah dia ROTS.

poster-rots-flp-palembang-flp-or-idROTS adalah singkatan dari Reading On The Street¬†yang dapat diterjemahkan sebagai Membaca di Jalanan. Kegiatan ini merupakan program pengurus FLP Cabang Palembang masa bakti tahun 2017-2018. “Konsepnya menggabungkan taman bacaan dengan klinik tahsin ayat-ayat pendek bagi pengunjung,” kata PJ Program Dian Rennuati, pada Senin (30/10/2017).

Seperti tampak dari nama kegiatannya, taman bacaan dimaksud berupa gelaran lapak buku di area ruang publik. “Kita bikin ruang baca terbuka, di taman kota, dekat sekretariat,” kata Azzura Dayana, novelis nasional yang juga pegiat FLP Palembang, dalam keterangan terpisah pada Sabtu (28/10/2017).

Lokasi ROTS sementara ini masih di satu tempat yakni di Taman TVRI, Kampus, Palembang. Jangan kecele, Kampus di sini adalah nama suatu kawasan, tidak merujuk kepada perguruan tinggi tertentu. Lokasi taman ini dipilih karena dipandang strategis, selain dekat dengan sekretariat FLP Palembang.

rots-flp-palembang-flp-or-id-3Pemilihan lokasi juga memperhatikan kemudahan proses pengangkutan buku dan lain-lainnya. “Untuk ke depan direncanakan juga mau berpindah lokasi,” ujar Dian.

Program ROTS mulai berjalan rutin bulan Agustus 2017 setiap 2 pekan sekali. Menurut Dian, nantinya diagendakan pula bakal ada kegiatan pembacaan buku dan mendongeng untuk anak di lokasi ROTS.

Buku milik pribadi para anggota yang dipinjamkan menjadi koleksi utama ROTS. Di antara koleksinya itu, ada Ensiklopedia Anak Grolier, buku Muhammad Teladanku, buku Jenius Matematika, buku-buku fiksi non-fiksi koleksi FLP, dan majalah anak-anak sumbangan dari masyarakat.

rots-flp-palembang-flp-or-id-2Di antara buku-buku tersebut, menurut Dian, buku favorit pengunjung adalah Ensiklopedi Anak Grolier dan Muhammad Teladanku.

rots-flp-palembang-flp-or-id-4Azzura tak bisa menyembunyikan kesyukurannya atas antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ROTS. “Alhamdulillah kegiatan rutin FLP Palembang ini makin diminati,” katanya. “Beberapa pekan lalu malah ada warga yang menyumbang 21 majalah untuk mendukung kegiatan ini,” sambungnya lagi.

Untuk menyumbang buku-buku, donatur dapat diantar langsung ke lokasi ROTS atau ke sekretariat FLP Cabang Palembang. Selain itu, juga bisa juga diserahkan langsung melalui anggota FLP Cabang Palembang.

Ihwal Sang Penulis / 

admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Nuun. Jangan dipendam. Jangan sembunyikan. Berbagilah kabar. Berkirimlah karya. Layangkan ke editorcantik[at]gmail[dot]com, untuk disyiar di laman kita.




Untuk pemesanan
cukup klik Mizanstore
Atau telepon 089616676975

Sayap-Sayap Rahmah
Buku Ketiga dari Seri Sayap Sakinah
Karya Duet Afifah Afra dan Riawani Elyta
Harga 50,000
Order ke: 0819 04715 58


Novel "Meja Bundar"
Karya @hendraveejay & @elmanohara
Pesan via LINE: bitread_id
Pesan via Whatsapp:
0838-9079-0002, 0823-2006-3397


Klik Gambar untuk Memperbesar




Latest Tweets

Kabar Berita

Login

Agenda LITERASI

  • DCIM100GOPRO

    Munas ke-4 Forum Lingkar Pena, Menjaga Identitas Bangsa di Era Digital

    2 menit baca | BANDUNG, FLP.or.id – Seiring dengan perkembangan zaman, penulis sebagai bagian dari masyarakat yang melek literasi terus ditantang untuk berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Apalagi pada era digital seperti sekarang ini, tantangannya semakin besar. Terlebih lagi, hingga saat ini Bangsa Indonesia masih tergolong sebagai negara dengan minat baca yang masih rendah sehingga…

  • kisah-mister-flp-kaskus

    Kolaborasi FLP dan Kaskus Creator Akan Bahas Penulisan Kisah Misteri

    tak sampai 1 menit baca | Forum Lingkar Pena (FLP) mengadakan kolaborasi dengan salah satu kegiatan rutin KASKUS Creator, yaitu KOPDAR KASKUS Creator. Hadir sebagai pembicara dari FLP adalah penulis Koko Nata. Ajang kopi darat itu biasa diisi sharing perihal dunia tulis-menulis. Di sana, peserta kopdar dapat berdiskusi seputar tips dan teknik menulis. KOPDAR KASKUS…

  • workshop-kepenulisan-flp-munas-4

    Kamu Mau (Makin) Bisa Nulis Travel Writing, Cerita Humor, Puisi, dan Skenario? Workshop Kepenulisan Munas ke-4 FLP Ini Layak Kamu Ikuti

    1 menit baca | Apakah kamu pecinta jalan-jalan, penikmat komedi, peminat puisi, atau penyuka film yang ingin merasakan ‘nikmat’nya jadi produsen karya? Jika iya, maka agenda awal November 2017 ini niscaya sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi kamu yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Forum Lingkar Pena (FLP), panitia…


Peringkat Alexa