Opini

7 Manfaat Gabung FLP

Flp.or.id – Forum Lingkar Pena. Apa saja sih manfaat gabung di komunitas penulis yang satu ini? Baiklah, sebagai salah satu anggota yang mengenal FLP sejak sekitar tahun 2012, saya mencoba berbagi tentang manfaat bergabung di komunitas yang sudah mendunia ini. 7 di antaranya sebagai berikut.

Pertama, menemukan tempat melejitkan bakat. Alangkah bahagianya jika orang-orang di sekitar kita adalah mereka yang memiliki kecenderungan atau bakat yang sama. Di FLP, kita akan merasakan kebersamaan di tengah-tengah orang yang tertarik dengan dunia literasi. Kita lebih bersemangat ketika membahas hal yang sama-sama diminati, dalam hal ini merangkai kata menjadi tulisan yang baik dan indah untuk dibaca.

Kedua, menjaga semangat. Semangat menulis itu naik-turun. Ada masanya semangat itu redup ditelan kesibukan atau kemalasan. Nah, dengan adanya komunitas penulis, maka teman-teman dalam komunitas tersebut bisa saling menyemangati dan mengingatkan tentang urgensi menuangkan asa lewat kata-kata hingga menjadi gagasan yang bermakna. Itu akan kita temukan di FLP.

Ketiga, memperluas wawasan. Melahirkan gagasan bersama untuk menghidupkan dan merawat budaya literasi, menuntut para pegiatnnya untuk memperbaharui informasi. Inspirasi yang ditangkap oleh pikiran akan berbuah gagasan yang utuh jika disertai data-data yang lengkap dan beragam. Dengan bergabung dalam komunitas penulis khususnya FLP, sangat memungkinkan setiap anggotanya untuk memperluas wawasan mengenai banyak hal.

Keempat, meningkatkan candu membaca. Bukankah seorang penulis yang baik juga merupakan pembaca yang baik? Apa kiranya yang akan ia tulis jika ia tidak sering mengonsumsi tulisan orang lain? Maka dengan bergabung dalam komunitas penulis khususnya FLP, kita akan selalu terdorong untuk mengeja arti setiap susunan kata dalam lembaran-lebaran buku atau apa pun yang disebut bahan bacaan.

Kelima, melatih jemari untuk percaya diri menjadi penulis dan berlomba menghasilkan karya. Di Forum Lingkar Pena, inspirasi itu sangat mudah menular. Melihat salah satu anggota  yang namanya terpampang di sampul sebuah buku sebagai penulis, itu dapat memantik semangat untuk turut serta menghasilkan karya. Menjadi penulis awalnya masih merupakan sebuah mimpi yang mustahil menjadi nyata. Namun dengan bergabung dan merasakan luapan semangat berkarya antar sesama anggota FLP, menjadikan mimpi tersebut terealisasi. Bahkan menjadi sebuah ajang untuk berlomba dalam berkarya.

Keenam, mengambil peran untuk hidupkan budaya literasi bangsa. Indonesia masih sangat membutuhkan anak-anak bangsanya yang menggiati literasi. Menjadikan baca-tulis sebagai kebutuhan. Dengan bergabung dalam FLP, kita dapat mengambil peran itu. Membangun Indonesia lewat literasi.

Ketujuh, menabung bekal ke alam abadi. Dari awal berdirinya, FLP memiliki visi untuk menebarkan cahaya lewat tulisan. Sebuah keprihatinan akan tulisan-tulisan yang bermuatan negatif, menjadi salah satu pemicu untuk menghadirkan tulisan-tulisan yang mencerahkan. Cahaya kebaikan senantiasa ditebarkan lewat goresan pena. Membawa pesan moral dan mengajak pembaca untuk kembali menjadi sebaik-baik makhluk yang diciptakan. Itulah kekhasan tulisan para penulis FLP. Menjadikan aktivitas menulis sebagai ibadah. Agar bernilai pahala dan dapat menjadi bekal menuju alam abadi yang pasti.

Demikian 7 manfaat bergabung dalam FLP. Semoga ketujuh manfaat di atas maupun manfaat lainnya bisa kita peroleh bersama. Terima kasih.

 

Biodata Penulis

Iri Rahayu Tompunu. Kaderisasi FLP Cabang Kota Kotamobagu. NRA 025/D/019/001.

Related posts

GERAKAN LITERASI NASIONAL,  POSISI SASTRA (WAN)  DI MANA?

admin

Antara Hari Aksara International, Pesan BJ. Habibie, Peran Keluarga, dan Literasi Budaya

admin

LITERASI BERKEADABAN; Membangun Budaya Ilmu yang Beradab*

admin

Leave a Comment